Dampak Adanya Pencemaran Udara Bagi Kesehatan Manusia

Di era modern seperti saat ini kualitas udara terutama di kota-kota besar di dunia termasuk di Jakarta memang sudah sangat mengkhawatirkan. Bahkan menurut Infoana wilayah ibu kota ini sempat dianggap sebagai kota yang memiliki kualitas udara yang buruk. Memang semua itu perlu diwaspadai karena pencemaran udara ini memiliki dampak yang cukup berbahaya bagi kesehatan.

Infoana

Ada banyak gangguan yang dihasilkan oleh adanya pencemaran udara mulai dari gangguan organ paru-paru, gangguan jantung, berat bada bayi yang sangat rendah, dan masih banyak lainnya. Tentunya hal ini sangat berbahaya bagi masyarakat yang tinggal di wilayah polusi tinggi.

Kalau berbicara masalah pencemaran udara, sumbernya sangat beragam. Hal ini terjadi karena berbagai aktivitas manusia yang tidak memperhatikan lingkungan dan terjadinya kebakaran hutan. Hal inilah yang akhirnya banyak zat beracun seperti karbon dioksida, karbon monoksida, dan sulfur oksida bebas di udara. Hal inilah yang juga menyebabkan adanya pemanasan global.

Dampak buruk pencemaran udara terhadap kesehatan manusia

Makhluk hidup agar bisa bertahan hidup maka membutuhkan yang namanya oksigen. Di masa sekarang ini kualitas oksigen sudah tercampur dengan berbagai zat-zat yang sangat berbahaya. Zat-zat berbahaya ini bisa keluar dari asap kedaraan, mobil, hingga limbah pabrik.

Mungkin banyak orang yang menganggap ini tidak malasah karena mereka sudah terbiasa untuk menghirup udara-udara yang kotor. Infoana menjelaskan bahwa ketika ada udara kotor dan berbahaya masuk dalam tubuh bisa menimbulkan berbagai penyakit. Berikut ini ada beberapa penyakit yang ditimbulkan oleh pencemaran udara.

  1. Penyakit kanker paru-paru menjadi salah satu penyakit yang menakutkan. Adanya kualitas udara yang buruk bisa memicu terserang penyakit paru-paru.
  2. Membuat asma bisa kambuh bisa meningkat karena kualitas udara dan debu yang tidak baik. Sehingga ini menjadi sesuatu yang sangat mengkhawatirkan.
  3. Resiko besar sakit jantung lebih besar karena adanya zat berbahaya sepertu nitrogen dan karbon hitam yang berasal dari asap kendaraan.
  4. Pencemaran udara bisa menghambat perkembangan anak terutama bagian organ paru-paru. Sering kali menghirup udara kotor membuat perkembangan anak tidak bisa optimal.

Demikianlah penjelasan mengenai beberapa dampak buruk yang dihasilkan oleh adanya pencemaran udara. Infoana mengingatkan bahwa kita harus bisa menjaga keseimbangan lingkungan hidup agar kualitas udara tetap bersih dan bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *